Rabu, 01 Februari 2012

Arsitektur Komputer

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Kadang-kadang kita salah dalam memberikan gambaran tentang organisasi komputer dengan arsitektur komputer. Arsitektur komputer berkaitan dengan program logical yang akan dieksekusi, sedangkan Organisasi komputer lebih mengacu pada unit-unit operasional dan interkoneksi. Contoh atribut arsitektur komputer  meliputi set instruksi, jumlah bit untuk mewakili berbagai jenis data (misalnya, angka, dan karakter), I / O mekanisme, dan teknik untuk mengatasi memori. Sedangkan Organisasi Komputer meliputi rincian hardware seperti sinyal kontrol, interface antara komputer dan peripheral, dan teknologi memori yang digunakan.
Secara historis dan sampai saat ini , perbedaan antara arsitektur dan organisasi telah menjadi salah satu penting. Banyak produsen komputer menawarkan keluarga model komputer, semua dengan arsitektur yang sama tetapi dengan perbedaan dalam organisasi. Akibatnya, model organisasi komputer yang berbeda memiliki harga yang berbeda dan karakteristik kinerja karena adanya perbedaan teknoogi.
STRUKTUR DAN FUNGSI
Komputer adalah sebuah sistem yang kompleks, komputer kontemporer mengandung jutaan komponen elektronik dasar yang bekerja bersama-sama. Bagaimana kumpulan dari jutaan komponen elektronika dasar bisa bekerja bersama-sama ? Sebenarnya yang dibutuhkan hanyalah adanya sebuah sistem hierarkis. Sistem hirarkis adalah kumpulan subsistem saling terkait. Sifat hirarkis sistem yang kompleks sangat penting untuk rancangan sebuah komputer. Pada setiap perancangan subsistem tersebut harus memiliki struktur dan fungsi
  • Struktur : hubungan antar komponen yang saling terkait.
  • Fungsi: operasi masing-masing komponen individu sebagai bagian dari struktur.
Komputer dapat memiliki 3 fungsi transfer data :
  • berfungsi  hanya untuk mentransfer data dari satu periferal ke perifeal yang lain.
  • berfungsi sebagai perangkat penyimpanan data (storage), dengan data yang ditransfer dari lingkungan eksternal untuk penyimpanan komputer (baca) dan sebaliknya (menulis). Dua terakhir menunjukkan diagram operasi yang melibatkan pengolahan data, data baik dalam penyimpanan atau di rute antara penyimpanan dan lingkungan eksternal.
http://cnx.org/content/m29431/latest/Secara umum, ada empat fungsi utama dari sebuah komputer:
  • Pengolahan data
  • Penyimpanan data
  • Data gerakan
  • Kontrol

Komputer tentu saja harus dapat mengolah data dengan cepat (data yang masuk dan diproses, dan hasilnya langsung keluar), tetapi sebenarnya komputer dalam bekerja komputer untuk sementara harus menyimpan bagian data yang sedang bekerja pada pada suatu waktu tertentu. Jika proses sebelumnya sudah selesai data yang disimpan tersebut akan diproses .
Komputer harus dapat memindahkan data antara dirinya dan dunia luar. lingkungan operasi ini terdiri dari perangkat yang berfungsi sebagai sumber atau tujuan data. Ketika data diterima dari atau dikirimkan ke perangkat yang terhubung langsung ke komputer, proses dikenal sebagai input-output (I / O), dan perangkat ini disebut sebagai pheriferal. Ketika data dipindahkan melalui jarak yang  jauh/ ke atau dari perangkat jarak jauh, proses ini dikenal sebagai komunikasi data.

Dari : http://cahyokrisma.wordpress.com/author/cahyokrisma/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar